Mesin press dua fungsi untuk memotong bahan dan emboss motif

Mesin ini pengembangan dari mesin press khusus untuk memotong bahan sandal yang barutino buat sebelumnya. Dimana mesin didesain kecil sesuai kebutuhan agar bisa digunakan memotong bahan sandal dan dengan harga yang masih bisa terjangkau.

Pengembangan mesin ini supaya punya dua fungsi, yaitu : untuk memotong bahan dan bisa digunakan untuk emboss motif.

Agar lebih paham tentang mesin sebelumnya teman teman bisa baca artikel mesin sebelumnya dahulu :

Baca : Merancang mesin pres potong yang hanya khusus untuk membuat sandal

Karena rencana juga digunakan untuk emboss motif sebaiknya juga membaca artikel tentang membuat motif dahulu.

Baca : membuat relief pada sandal dengan cara dipres dengan matras berbahan aluminium

Mesin sebelumnya karena hanya digunakan untuk memotong bahan sandal maka plat atas dan bawah ukurannya hanya : 16 x 30 sentimeter ( seukuran sandal saja )

Agar bisa digunakan untuk emboss maka plat tekan atas dan bawah dibuat lebih besar yaitu : 30 x 30 sentimeter.

Ukuran plat tekan atas dan bawah 30 x 30 sentimeter

Kalau sudah membaca artikel yang saya tuliskan pada link diatas akan bisa membandingkan kalau mesin ini plat tekan atas dan bawahnya lebih besar.

Tetapi ini jangan dikira kemampuan tekannya seluas plat tekannya karena tujuan membesarkan plat tekan agar bisa digunakan untuk proses emboss motif.

Untuk celah antara plat tekan atas dan bawah sama juga karena memang menggunakan body yang sama.

Mesin apabila digunakan untuk memotong bahan

Sekarang akan saya tunjukkan dahulu apabila celah antara plat tekan atas dan bawah dimasukkan cutting board dan pisau pond.

Cutting board standart barutino dan mesin ini dengan tebal 2 sentimeter, apabila menggunakan lebih tipis tambah bisa tetapi kalau lebih tebal jangan sampai lebih dari 2.5 sentimeter.

Sedangkan ukuran panjang dan lebar cutting board atau talenan ( tatakan pisau ) barutino menggunakan ukuran 40 x 33 sentimeter.

Gambar diatas dapat dilihat celah sisa setelah dimasukkan tatakan dan pisau pond masih sisa lebih dari cukup. Sampai bahan kisaran 16 mili masih bisa untuk di masukkan dan dipotong.

Mesin apabila digunakan untuk emboss motif

Untuk emboss motif ukuran plat emboss yang digunakan umumnya 25 x 30 sentimeter dalam kondisi sudah 1 pasang.

Sedangkan mesin ini ukuran plat tekannya 30 x 30 sentimeter lebih dari cukup.

Untuk diketahui bahwa mesin ini fungsi untuk proses embosnya yaitu hanya menekan dan kemudian menahannya saja.

Mesin pemanasnya terpisah dari mesin ini dan bisa menggunakan kompos gas karena bisa mendapat panas yang diinginkan tanpa harus menambah daya listrik rumah apabila menggunakan pemanas listrik.

Ini saya fotokan dimana cutting board masih dalam kondisi semua, sebenarnya bisa juga menggunakan papan kayu atau triplek.

Kondisi mesin sudah ngunci pada saat digunakan untuk proses emboss motif

Bisa diatur ketinggian plat tekan bawah

Untuk bisa diatur-atur posisi kekuatan tekan pada saat ngunci kebawah, mesin ini ada 4 buah baut dan setelan untuk mengatur ketinggian dari plat tekan bawahnya.

Jadi apabila digunakan untuk proses embos dan hasilnya kurang rata maka ketinggian plat bisa diatur sendiri sampai didapat posisi yang rata sehingga hasil pressnya maksimal.

Ada baut yang digunakan untuk mengatur ketinggian dan kerataan plat

Idea membuat mesin diatas sebenarnya idea dari teman barutino dari Banjar Jawa Barat yang ingin dibuatkan karena juga baca artikel mesin sebelumnya.

Kalau barutino sendiri lebih suka mesin yang spesifik dimana 1 fungsi saja, tetapi karena teman barutino mungkin ada alasan lain ( Bisa karena tempat, biaya inventasi, dan lainnya )

Buat teman-teman yang ingin berkreasi membuat mesin lainnya atau tertarik dengan mesin seperti mesin yang saya ceritakan diatas bisa hubungi, Klik : Kontak