Arsip Kategori: Cetakan Motif

Cetakan motif dari bahan logam yang diproses mesin CNC yang digunakan untuk membuat profil motif pada permukaan material

Meniru lalu merubah sedikit motif insole yang sudah ada

Sesuai dengan judulnya artikel yang saya tulis saat ini yaitu ingin membuat motif insole yang sudah ada atau yang sudah pernah dibuat oleh orang lain kemudian merubah sedikit sehingga menjadi desain motif insole yang baru

Jadi ceritanya ada teman barutino yang tertarik dengan motif yand dilihat di internet kemudan minta tolong untuk didesain ulang dan dibuat matrasnya yang mirip tetapi ada perubahan dengan menghilangkan tulisan yang ada pada motif tersebut.

Motif yang dibuat seperti pada gambar dibawah ini :

Motif insole yang akan ditiru dan dibuat

Dari gambar sandal diatas motifnya garis yang saling menyilang sehingga membentuk motif kotak kotak, dan di tengahnya ada tulisan Sandal Wudhu.

Dari gambar hanya akan dirubah dengan menghilangkan tulisannya saja. Caranya yaitu mengikut garis dari motif dibuat garis.

Baca juga : Membuat matras sandal hotel dengan menambah logo sebagai kode produksi

Meskipun hanya mengikuti garis saja ternyata kerjanya juga sama dengan desain ulang hanya tidak perlu menguras idea yang terlalu menguras pikiran.

Gambar motif sandal yang di desain ulang mengikuti garis garis yang ada.

Langkah diatas bisa saya katakan hanya langkah pertama karena hanya membuat dari tebal atau yang dominannya saja, yang kemudian bisa dipisahkan dahulu seperti gambar di bawah ini

Desain dasar dari matras sandal yang akan dibuat

Dari gambar diatas bisa langsung dibuat ukurannya, untuk ukuran ini saya pasang kisarang 28.5 sentimeter dimana sebenarnya panjang sandal yang akan dibuat sampai ukuran 42.

Untuk ukuran 42 pajang sandalnya kisaran 28 sentimeter sehingga dengan membuat panjang matras kisaran 28.5 lebih dari cukup apabilan ingin digunakan membuat sandal sampai ukuran 42.

Selanjutnya yaitu membuat texture dari desain ini, texture yang akan dibuat yaitu dari kotak kotak kecil tegak lurus dan mendatar, seperti terlihat pada gambar dibawah.

Sampai disini desain matras emboss sandal sudah selesai dan bisa dilanjut pada proses permesinan.

Proses permesinan bisa juga dibaca pada artikel dibawah ini

Bada juga : Motif cetakan bintik-bintik oval untuk insole Sandal

Setelah proses mesin hasil dari cetakan motif ini akan sama persis dengan desain matras pada gambar diatas, gambar matras yang sudah jadi seperti gambar di bawah :

Cara menggunakan cetakan motif ini bisa baca pada artikel yang pernah saya tulis sebelumnya.

Baca juga : membuat relief pada sandal dengan cara dipres dengan matras berbahan aluminium

Kalau sudah membaca artikel diatas cara menggunakan matras emboss menggunakan mesin press putar dan hasilnya seperti pada gambar dibawah ini :

Demikian cerita singkat meniru dan merubah sedikit motif matras insole sandal yang bisa saya tuliskan, semoga bermafaat.

Teman teman yang ingin dibuatkan matras sandal seperti diatas, atau dengan desain lain bisa hubungi, Klik : Kontak