desain-dari-pres-putar

Bikin alat pres sandal dengan sistem tenaga putar

FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Untuk membuat motif sandal bisa dilakukan dengan pres panas. Pres panas sendiri ada 3 teknik, yaitu matras yang dipanaskan, material spon yang dipanaskan dan kombinasi keduanya yang dipanaskan. Umumnya untuk pengrajin sandal hanya matrasnya saja yang dipanaskan.

Guna melakukan proses pres ini dibutuhkan alat pres. Dengan alat pres yang sederhanapun sudah bisa digunakan. Setahu saya di pengrajin sandal banyak menggunakan alat pres dengan sistem pres tenaga putar dan sistem pres mati. Kedua alat itu punya kelebihan dan kelemahan sendiri.

Pada tulisan ini saya ingin bercerita proses pembuatan dari alat pres dengan sistem tenaga putar ini, Bagaimana cara penggunakan alat pres ini bisa dibaca pada artikel lainnya , klik membuat relief pada sandal dengan cara dipres dengan matras berbahan aluminium

Sebelum dibuat terlebih dahulu disiapkan desainnya dan bagian bagiannya : Desain dan ukurannya seperti gambar dibawah.

desain pres putar

Ada 5 bagian penting dari alat itu : yaitu

  1. Pelat tekan bawah ( gambar warna magenta ) ukuran 31 x 31 x 0.8 sentimeter
  2. Bak tekan atas ( gambar warna biru laut ) ukuran 30 x 30 x 5 sentimter, baik ini nantinya diisi air untuk pendingin.
  3. Ulir dengan panjang 33 sentimeter dengan jarak satu putaran kisaran 6 mili
  4. Kerangkan alat ( warna biru dan hijau ) warna biru besi tipe C lebar 6.5 sentimeter dan warna hijau besi tipe C bisa dengan lebar 5.5 sentimeter
  5. Lengan putar ( warna merah dan hitam ) warna merah adalah panjang lengan dan warna hitam sebagai pembeban agar saat diputar bisa memanfaatkan gaya kelembaman.

Tahap demi tahap proses pembuatan alat ini adalah sebagai berikut :

Menyiapakan bahan pelat bahan, untuk bahan bahan ini banyak dijual di toko besi dan bisa minta tolong potong ditempat dengan harga satuan kilogram.

1-bahan-pelat-6-mili

Lalu menyiapkan bahan pelat tekan atas dan buat bak untuk bisa menampung air pendingin. Bagian ini berfungsi untuk menekan dari bagian atas.

2-merapikan-agar-berbentuk

3-membuat-kotak-tekan

4-membuat-kota-tekan

Setelah proses pembuatan bak ini selesai bisa dilanjutkan membuat kerangka dari mesin pres.

5-pres-putar-dibuat-kerangkat

5-kerangka-dari-mesin-pres-putar

Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan dan memasang ulir dari alat yang posisinya ditengah ( center ) dari alat.

6-ulir-dari-mesin

7-merapikan-ujung-dari-mesin

8-pres-putar-yang-sudah-jadi

Mudah ya teman-teman. Setelah melihat tulisan ini bisa terinspirasi dan bisa membuat alat bikin sandal sendiri. hehehe. Tetapi bila ingin cepat dan tidak ribet barutino siap membatu membuatkannya , klik contact us.

Sekilas cerita proses diatas sebenarnya saat pengerjaan pesanan teman barutino dari bantul, tepatnya di jalan parangtritis km 11 beliau namanya  bapak Dimas Hastoning. Beliau bercerita meskipun menggunakan alat sederhana seperti ini sanggup untuk membuat sandal spa dengan kualitas eksport ke Rotterdam ( kata orang tua kita Londo,,hehehe ). Tertarik dan terinspirasi untuk memulai usaha sandal, monggo monggo silahkan.

Lihat apa yang sudah terjadi setelah ditinggal cerita bentar. Tak terasa sudah jadi 2 dari 3 pesanan yang mesti dikerjakan,

9-telah-jadi-2-dari-3

Proses terakhir yaitu pengecatan alat pres ini, untuk proses pengecatan ini lebih hemat kalau dilakukan bersamaan sehingga menunggu semua selesai, baru dilakukan proses pengecatan.

pres-putar-yang-sudah-jadi-dan-siap-kirim

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *