alat mesin pon manual dibengkel

Proses pembuatan mesin pond manual

FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Ini cerita saat mengerjakan pesanan teman barutino dari Nologaten Sleman Yogyakarta. Pesanan alat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi sandal hotel yang beliau rintis karena sebelumnya telah memesan peralatan sandal yang dibutuhkan.

Sebenarnya pembuatan alat pond manual ini mudah saja dikerjakan oleh tukang las yang ada didaerah masing-masing. Hanya saja tidak terbiasanya sehingga biasanya tukang akan menjanjikan waktu pengerjaan yang lama. “Ini harus bolak balik ke bengkel bubut bos, jadi agak lama pengerjaanya gimana?” atas alasan ini banyak yang minta bantuan ke barutino untuk dibuatkan alat-alat sandal seperti pon manual ini. Karena sudah terbiasa membuat maka dalam kondisi normal 3 hari kerja sudah bisa menyelesaikan 1 unit alat pon manual ini. Sambil promo ga pa pa ya,,,hehehe

Alat pond manual ini terdiri dari 2 bagian pokok, yaitu meja mesin pond dan bagian mesin pond itu sendiri.  Tahap proses pembuatan alat ini bisa dimulai dengan pembuatan mejanya dahulu.

Ukuran meja mesin pon ini tingginya 70 sentimeter dan panjang lebar kakinya adalah 83 x 66 sentimeter. Kalau meja pada umumnya kaki tegak lurus ke atas, sedangkan meja alat ini kaki akan menyempit ke atas bertujuan agar tidak memakan banyak ruang kerja dan kuat menahan hentakan saat alat ini digunakan.

Ukuran tinggi , panjang lebar dari meja alat pon

Ukuran tinggi , panjang lebar dari meja alat pond

Meja alat yang sudah jadi

Meja alat yang sudah jadi

Kenapa meja ini dibuat duluan? karena setelah meja ini jadi langsung dibutuhkan untuk merakit dari bagian mesin pond itu sendiri. Dengat meletakkan bagian dari alat pond ini diatas meja maka tukang las bisa kerja sambil berdiri sehingga tidak cepat lelah.

Pekerjaan selanjutnya menyiapakan bagian bagian dari alat pond itu sendiri, yaitu, pelat body, as utama, roda gila, rol bantalan dari besi dan pelat area press ( atau tukang las sini menyebut namanya tumbuk ” bagian yang bertumbukan maksudnya” ) aneh aneh istilah tukang kalau membuat istilah..hehehe.

Bahan as yang digunakan untuk menekan

Bahan as yang digunakan untuk menekan

Bahan as ini mudah kita dapatkan di toko bahan khusus besi, kalau di Surabaya terkenal dengan tempat namanya “bagong“. Tempat ini menjual besi bekas dan baru. biasanya dalam satuan harga kilogram. jadi membeli as ini tidak perlu membeli dalam ukuran panjang standart tetapi cukup membeli sesuai panjang yang kita inginkan. Untuk membuat alat ini cukup dengan panjang 30 sentimeter dan diamter 2.5 inchi ( sekitar 64 milimeter )

Bahan-bahan lainya adalah bantalan bantalan yang dibuat dari besi pejal kemudian dilubangai dengan cara dibubut. Kalau beli dipasar besi bisa beli susuai panjang yang diinginkan dan dipotong potongkan juga. untuk bantalan alat ini butuh 2 buah.

Besi pejal yang akan digunakan membuat bantalan

Besi pejal yang akan digunakan membuat bantalan

Body dari alat ini juga bisa dibeli dipasar besi dan dipotongkan sesuai bentuknya, jadi bisa membuat polanya dulu kemudian ke pasar besi membeli bahan dan sekalian dipotongkan.

Pola body alat pon

Pola body alat pond

bahan body ini adalah besi lembaran dengan ketebahan 1 sentimeter kemudian dipotong sesuai pola diatas. berikuta hasil potongan untuk body alat.

Pelat body dari alat pon yang sudah dipotong

Pelat body dari alat pon yang sudah dipotong

Berikutnya adalah pelat tumbuk, bagian tumbuk ini ada bagian atas dan bagian bawah. untuk bagian atas lebih kecil tetapi lebih tebal. ukurannya sebagi berikut. Tumbuk atas ukurannya 23.5 x 33.5 sentimeter dengan ketebalan 2 sentimter. sedangkan tumbuk bawah ukurannya 40 x 50 sentimter dengan ketebalan 1 sentimeter.

foto tumbuk bagian bawah dengan ukuran 40 x 50 cm

foto tumbuk bagian bawah dengan ukuran 40 x 50 cm

Setelah dirasa bahan-bahan telah siap maka bisa dilanjutkan ke proses perakitan. Berikut proses proses perakitan dari alat pond ini.

penyetelan-as-tengah

penyetelan-as-puntir

seting-as-yang-sudah-jadi

pemasangan-bandul-alat-ponpengelasan-plat-atas

alat-pon-sandal-yang-belum-di-cat

Tahap proses terakhir yaitu penyetelan lengan anyun. Lengan ayun ini dikasih pembeban agar saat pengepresan dengan ringan diputar kembali. pemasangan lengan ayun ini disetel dengan memutar lengan anyun keatas kemudian dikunci as utamanya. setelah itu dengan mudah untuk pengelasan lengan ayun seperti gambar berikut :

Pengelasan lengan ayun

Pengelasan lengan ayun

agar alat dapat berputar dan berhenti pada sudut yang dikehendaki maka harus dibuatkan stopernya. Untuk stoper bisa mengunakan pipa yang sama dengan lengan ayun.

Pembuatan bahan untuk stoper lengan ayun

Pembuatan bahan untuk stoper lengan ayun

selanjutnya adalah pemasangan stoper di body alat pond manual.

Pengelasan stoper lengan ayun di body mesin

Pengelasan stoper lengan ayun di body mesin

Nah sampai tahap ini dapat diikuti dengan mudah bukan? kalau pembaca ahli las akan dengan mudah untuk membuatnya. Buat pembaca yang membutuhkan tetapi tidak ingin pusing dengan belanja bahan,,,,hehehe bisa hubungin atau klik Contact us

Ingin tahu proses pengoperasian alat ini baca pada tulisan saya yang berjudul plong sandal manual untuk memotong spon sesuai ukuran

Bagaimana hasilnya kalau sudah dicat ?

alat-pon-yang-sudah-jadi-dan-siap-kirim

mesin-dan-alat-membuat-sandalmesin-pond-manual-buat-sandal

mesin-pond-sandal-dompet-tas

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *