sandal-pria-lapisan-bawah-karet-anti-selip

Berbagai macam outsole sandal

FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Proses membuat sandal banyak bahan yang dibutuhkan, untuk sole saja ada beberapa istilah : outsole, midsole dan insole. Pada kalangan perajin istilah ini akan berbeda beda untuk tiap daerah tetapi pada intinya mengarah hal yang sama.

Setiap sole yang dibuat oleh pabrik mempunyai harga yang berbeda-beda dan tentunya mempunyai karakteristik yang beda beda juga. Banyaknya vareasi sole yang ada dipasaran iniĀ  menjadi salah satu strategi perajin sandal untuk mengatur harga karena banyak juga pembeli sandal yang tidak tahu dan tidak mau tahu yang penting harganya masuk “cocok

Sebagai contoh saya infokan kasus untuk jenis sole lembaran : Pada kasus sole dengan merk “yeye” mempunyai sifat itu ulet, kurang bagus dengan lem, agak keras, kualitas permukaan bagus, awet kalau dipakai, tetapi banyak campuran kawat didalamnya dan harganya termasuk mahal untuk dikelasnya.

Berikutnya sole dengan istilah umum “mersi” mempunyai sifat getas mudah patah, bagus dan kuat dengan lem, mudah terkikis tidak awet saat dipakai, lebih nyaman dipakai karena sandal seolah-olah keset dilantai dan harganya lebih murah dibanding dengan “yeye

Dari uraian contoh diatas bahwa setiap sole ada plus dan minusnya sehingga jadi pilihan kita yang mana yang akan kita gunakan.

Selain karakteristik sifat dari sole adalah perbedaan jenisnya, dimana ada ada sole jadi ( dibuat menggunakan matras khusus ) dan yang kedua adalah sole lembaran.

Sole jadi yang dibuat menggunakan matras

Sole jadi yang dibuat menggunakan matras

Sole jadi ini umumnya mempunyai motif unik yang berbeda beda untuk tiap pabrik pembuatnya. Dan motif ini berganti sesuai dengan perkembangan model sandal saat ini.

Sole jadi yang masih baru

Sole jadi yang masih baru

Berikut contoh motif dari sole jadi :

contoh motif sole jadi

contoh motif sole jadi

contoh out sole yang ke 2

contoh out sole yang ke 2

Ukuran untuk out sole pria dewasa ini umumnya ukuran : 38,39,40,41 dan 42

Selain sole jadi ada juga sole lembaran. sole ini dinamakan lembaran karena memang bentuknya berupa lembaran dan motifnya mempunyai ciri khas simple atau sederhana.

Saya contohkan sole lembaran yang menurutku bagus karena campuran karetnya banyak.

sole lembaran motif plus ( + )

sole lembaran motif plus ( + )

sole lembaran motif silang ( X )

sole lembaran motif silang ( X )

Permukaan sole lembaran ini yang nantinya akan merekat di spon masih dalam kondisi belum dikasarin atau discrap, sehingga permukaan dari media yang akan kena lem harus dikasarkan dulu dengan mesin scrap.

permukaan sole lembaran yang belum dikasarkan

permukaan sole lembaran yang belum dikasarkan

Sole lembaran jenis ini mempunyai ukuran Panjang 116 sentimeter dan lebar 66.5 sentimter. Untuk ketebalan sole ini adalah 2.9 sentimeter.

Teman teman barutino yang ingin membuat sandal dengan sole jenis lembaran dan jadi seperti gambar diatas bisa menghubungi contact us

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *