mesin-rol-cocok-untuk-pekerja-wanita

Memasang dinamo dan gear box pada mesin rol sandal

FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Mesin rol sandal adalah mesin dengan komponen utamanya 2 buah tabung yang sejajar dan bisa berputar sehingga sandal bisa masuk diantara 2 buah tabung tersebut sampai terjadi tekanan pada sandal dengan tujuan, sandal yang telah dilakukan proses pengeleman tersebut dapat merekat erat.

Pada awalnya barutino menggunakan mesin rol manual dimana salah satu tabung tersebut dihubungkan dengan tuas sehingga bisa diputar dengan salah satu tangan bersamaan pada saat sandal dimasukkan diantara 2 tabung tersebut. Mesin ini pernah saya bahas pada artikel berikut : Berapa lebar kerja mesin rol sandal manual?  Berikut gambar dari mesin rol manual bagi yang belum sempat baca artikel tersebut.

mesin-roll-untuk-membuat-sandal

Lalu apa hubungannya dengan judul artikel memasang dinama dan gear box? Permasalahan datang saat ada ibu-ibu ( pekerja wanita ) ingin ikut bekerja membuat sandal. Salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan yaitu pada proses pengeleman tetapi terkendala tenaga wanita yang kurang kuat kalau harus memutar tuas rol.

Sampai beberapa orang yang lihat muncul candaan “kalau melakukan ini lama kelamaan suaminya bisa kalah” saya sendiri kurang paham kalah dalam hal apa, tetapi yang pasti lengan pekerja wanita tersebut akan semakin kuat karena terlatih memutar tuas.

Kemudian barutino merancang mesin rol dengan memasang dinamo dan gear box agar pekerja wanita bisa ikut bekerja pada proses pembuatan sandal. Pemasangan dinamo akan menggantikan fungsi gerakan putaran yang sebelumnya dilakukan dengan tangan, sedangkan gear box digunakan untuk mengurangi kecepatan putaran dinamo.

Dinamo yang dipilih dengan daya 1/4 Pk atau kisaran 180 watt dengan pertimbangan agar daya dirumah bisa cukup dan karena barutino khususkan untuk membuat sandal japit saja.

menggunakan-dinamo-seperempat-PK

mesin-rol-cukup-dengan-dinamo-daya-rendah

Dilanjutkan pemilihan geax box dengan mengunakan rasio kecepatan 1 : 50 , artinya kecepatan akan dikurangi sampai 50 kalinya. Putaran dinamo dari 1400 rpm akan menjadi kisaran 28 rpm, saya rasa sudah cukup pelan. Berikut gambar gear boxnya :

gear-box-dengan-rasio-satu-banding-lima-puluh

gear-box-mesin-rol-sandal

Untuk memindahkan daya dibutuhkan 2 kopling, pertama untuk memindahkan daya dari dinamo ke gear box, ke dua digunakan untuk memindahkan daya dari gear box ke rol mesin.

kopling-untuk-memindahkan-daya

Komponen tambahan yang dibutuhkan adalah :

  1. dinamo
  2. geax box
  3. kopling

seperti tampak pada gambar berikut :

peralatan-membuat-mesin-rol-sandal

Singkat cerita setelah barutino rakit akan jadi mesin rol yang dapat berputar sendiri dengan bantuan dinamo sehingga akan cocok digunakan oleh pekerja wanita pada saat proses pengeleman, gambar mesin seperti tampak pada gambar dibawah :

proses-kerja-bisa-berdiri-maupun-duduk

mesin-rol-untuk-membuat-sandal

mesin-rol-sandal-dengan-gear-box

Mesin rol ini memang barutino rancang dengan tinggi 75 sentimeter dan ada meja untuk menaruh sandal yang akan di rol.

Tujuan mesin dengan setinggi itu agar pekerja wanita tidak akan cepat lelah karena proses pengerolan bisa dilakukan sambil duduk maupun berdiri. sedangkan meja yang dapat digunakan untuk menaruh sandal yang akan dirol sehingga tidak perlu bolak-balik mengambil sandal.

Berikut gambar sandal yang siap untuk dilakukan pengerolan :

meja-kerja-bisa-untuk-menaruh-sandal-yang-akan-dirol

mesin-untuk-membuat-sandal-japit

Untuk melihat proses pengerolan yang dilakukan oleh pekerja wanita bisa juga dilihat pada video dibawah ini.  Dan apabila teman-teman punya permasalah yang sama ingin dibuatkan mesin rol sandal dengan dipasang dinamo dan gear box seperti pada artikel ini bisa hubungi, klik Contact Us

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *