cetakan-motif-akan-cepat-dingin

Membuat sistem pendingin air untuk mesin press putar pada proses emboss

FacebookTwitterGoogle+PinterestShare

Proses emboss pada sandal yaitu pekerjaan yang dilakukan untuk membuat motif tertentu sesuai keinginan pada permukaan sandal dengan menggunakan cetakan motif yang dipanaskan lalu dimasukkan pada mesin press dan sandal ditahan dalam kondisi tertekan sampai cetakan motif dingin sehingga motif akan terbentuk sesuai dengan cetakan motif.

Umumnya pengrajin sandal menggunakan sistem pendingin dengan bak terbuka lalu diisi air atau oli sebagai cairan pendingin. sistem ini mempunyai kelemahan : lama-lama bak ini akan tambah panas kalau digunakan untuk proses emboss yang terus menerus tanpa berhenti.

Idealnya bak ini berfungsi sebagai pendingin cetakan motif dengan cepat agar motif terkunci tidak kembali mengembang saat ditekan dari kondisi panas sampai pada kondisi dingin.

Apabila kita produksi satu pasang bisa saja kita press lalu ditinggal sampai kondisi dingin, tetapi bagaimana kalau kita harus produksi dalam jumlah banyak?  pasti akan banyak waktu terbuang untuk menunggu sampai kondisi dingin. Solusinya harus dibuat sistem pendingin menggunakan sirkulasi air pada bak pendingin agar panas segera cepat terbuang sehingga cetakan motif cepat dingin kembali.

mesin-press-putar-dengan-bak-terbuka

Gambar diatas adalah mesin press dengan bak terbuka.

Kreasi barutino yang akan kita bagikan yaitu menggunakan mesin press dengan bak tertutup lalu dibuat sistem pendingin dengan siskulasi air. Berikut gambar rancangan sistem yang barutino buat.

desain sistem pendingin

Untuk membuat sistem pendingin ini dibutuhkan berberapa peralatan :

  1. Mesin pompa air dan selang penyalur air. Untuk pompa air bisa menggunakan pompa aquarium debit disesuaikan dengan kebutuhan
  2. Mesin press putar dengan bak pendingin tertutup
  3. Spray untuk memancarkan air yang berfunsi sebagai cooling tower, bisa menggunakan botol yang dibuat lubang kecil yang banyak
  4. Ember sebagai penampung dan persediaan air dingin.

Pemilihan pompa air barutino menggunakan pompa aquarium dengan debit 1300 Liter per jam, dengan daya 35 watt dan menggunakan selang air 5/8 inchi

pompa-aquarium-sebagai-pompa-untuk-mengalirkan-air

Pres putar masih menggunakan mesin yang sama hanya bak dibuat tertutup dengan pembahan lubang masuk dan keluar air.

mesin-pres-putar-dengan-bak-tertutup

sistem-keluar-masuk-air

Spray dibuat menggunakan botol bekas minuman yang dibuat lubang dengan diameter 2.5 milimeter dan banyaknya lubang 30 lubang tersebar secara acak.

botol-menuman-untuk-cooling-tower

Ember sebagai bak penampung lebih besar akan lebih bagus, barutino cukup menggunakan ember yang biasanya digunakan untuk mencuci pakaian.

ember-sebagai-pak-penampung-air

Setelah bahan-bahan siap maka siap mesin press putar dipasang diatas meja agar kerjanya lebih nyaman dan enak tidak cepat lelah.

rangkaian-sistem-pendingin

Dilanjutkan pemasangan selang masuk dan selang keluar, selang masuknya air yang dari pompa dipasang pada posisi bawah, dan selang keluar dipasang pada posisi yang atas.

saluar-air-pada-sistem-pendingin

Selang keluar akan tersambung dengan spray yang berfungsi sebagai cooling tower dimana akan membuat panas dengan cepat terbuang ke udara.

air-dibuat-memancar-dengan-harapan-akan-lebih-cepat-dingin

Gambar keseluruhan rangkaian dapat dilihat pada gambar berikut :

rangkaian-air-pada-sistem-pendingin-air

Demikian proses dan alat pembuat sandal yang barutino bagikan, apabila teman-teman ada yang membutuhkan mesin press putar dengan bak tertutup seperti ini bisa hubungi, klik Contact Us

Proses menggunakan alat ini juga bisa dibaca ditulisan barutino lainnya : membuat relief pada sandal dengan cara dipres dengan matras berbahan aluminium

Pemasangan rangkaian alat ini bisa juga dilihat pada video berikut ini :

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *